Rabu, 08 Juni 2016

IMMADA: “SHARING SEASON”, MEMUPUK KUALITAS DALAM IKATAN KEKELUARGAAN

“Karena kualitas sebuah organisasi, selalu ditentukan oleh kualitas  orang-orang yang ada di dalamnya”

NUSA DUA – Banyak cara atau strategi dari setiap organisasi untuk meningkatkan hubungan kekeluargaan, misalnya melalui program-program kerja yang sudah dirancang oleh setiap pengurusnya. Demi menyatukan banyaknya ide, pemikiran, bahkan style dari setiap anggota, tentu dibutuhkannya suatu kreativitas, kemudian diaplikasikan lewat beberapa program yang dicanangkan. Tentu tujuannya untuk lebih mempererat lagi ikatan persaudaraan yang menjadi landasannya. Selain itu, melalui program/kegiatan itu juga, setiap anggota akan mendapatkan sesuatu hal yang lebih mendasar, yaitu adanya knowledge (pengetahuan) yang baru. Bahkan tanpa disadari, dengan sendirinya akan terbentuk keselarasan dari keberagaman karakter yang ada di setiap anggota.

Nah...melihat betapa pentingnya kebersamaan itu, IMMADA (Ikatan Mahasiswa Manggarai Udayana) sebagai organisasi yang terbentuk atas dasar kekeluargaan, beranggotakan anak-anak muda (Mahasiswa/i Manggarai) kembali menyelenggarakan kegiatan sharing, bertempat di aula Gereja Maria Bunda Segala Bangsa (MBSB) – Nusa Dua, beberapa waktu lalu (03/6/2016). Kegiatan ini memang sudah direncanakan sebagai bagian dari rentetan acara penutupan Bulan Maria yang dilakukan awal bulan Juni, beberapa waktu lalu.






 Perkumpulan Mahasiswa perantaun yang ada di Bali sejak tahun 17 oktober 1999 ini, memanfaatkan kegiatan sharing sebagai wadah untuk saling berbagi. Kegiatan tersebut diawali dengan misa bersama umat Khatolik Nusa Dua di Gereja MBSB. Kegiatan ini didasari atas kesadaran setiap anggotanya, agar tidak lupa mengucap syukur, berkat, serta perlindungan Bunda Maria. Oooia... Sedikit bercerita juga, bahwa pelindung atas terbentuknya organisasi IMMADA ini adalah Mori Jari agu Dedek (Tuhan Maha pencipta). Sadar penuh atas anugerah Tuhan lah yang juga dijadikan alasan mendasar, untuk menggerakan hati setiap anggota IMMADA agar tidak lupa menyisihkan waktu untuk mengikuti kegiatan sharing di sela kesibukannya. Sebuah moment yang tepat, karena kegiatan kali ini diharapkan bisa mempertemukan dan mengikat kembali hubungan dari setiap anggota IMMADA. Maklum, kesibukan setiap anggota akhir-akhir ini diselimuti dengan kegiatan kampus dan tugas kuliah yang bahkan menyita banyak waktu untuk membatasi mereka berkumpul bersama.  


Saat itu, Perin Nambung selaku ketua Panitia pelaksana kegiatan, memberikan mandat kepada Adi Farand selaku moderatornya, untuk mulai membuka perbincangan. Antusias yang baik dari setiap anggota, kegiatan sharing ini betul-betul dimanfaatkan peserta yang hadir untuk membahas tentang banyak hal mengenai lingkup keseharian hingga pengalaman-pengalamannya. Mulai dari pengurus inti organisasi, seperti ketua IMMADA Chika Teresa, yang di dampingi Emand Kadimand selaku wakil ketua, Ana Halima sebagai sekretaris, dan Etri Magol sebagai bendahara beserta anggota lainnya, turut berkomentar dalam setiap topik pembicaraan. Tidak ketinggalan juga beberapa senior, seperti; Andri Ngalong, Updon Jemuru, Asti Solo, Eman Namat, Hilarius Eri Mainakalawatana, dan Zian Jonalis yang juga berkesempatan hadir, coba merefleksikan kembali perjalanan serta pengalaman mereka tentang betapa pentingnya hidup sosial yang tumbuh dalam suatu organisasi. Adakalanya, saat merasa ada topik pembicaraan yang menggelitik atau hal yang membingungkan, mengundang respon beberapa anggota dan berebutan mengacungkan tangan untuk bertanya.

Kegiatan ini merupakan awal yang baik, karena perbicangan yang dihiasi gelak tawa hingga bertukar sunggingan senyum dengan begitu murahnya, menggambarkan betapa hangat dan akrabnya suasana diskusi mereka. Keluh kesah, kendala, bahkan konflik yang dihadapi, akan tertuang dan dibicarakan disana. Melihat hal tersebut, entah disadari atau tidaknya, suatu organisasi terkadang membutuhkan sebuah cara untuk memotivasi setiap anggota dan terbukti, melalui kegiatan sharing tersebut IMMADA mampu berbagi untuk saling peduli serta memotivasi diri maupun orang lain.


Penulis : Virgilius P. Ngalong  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar